Lagu Indonesia Paling Misterius

1.TAKDIR

Lagu ini dirilis tahun 2012 di Youtube. Banyak kabar mistis dan aneh seputar lagu ini. Selain keberadaan penyanyi dan pencipta lagu ini sangat misterius, beredar kabar bahwa lagu ini mampu mengubah perilaku siapapun yang mendengar lagu tersebut. Apabila didengar di tengah malam, apalagi dengan pikiran kosong, maka orang tersebut akan dapat dirasuki mahluk halus. 

Jika didengar seksama, di awal lagu akan terdengar suara berdenging. Banyak orang melaporkan setelah mendengar suara itu, muncul gangguan mistis yang tidak dapat dijelaskan secara logis, seperti suara langkah kaki, ketukan pintu, bau kembang melati, dan lain-lain.

Tidak jelas siapa yang mengunduh lagu itu. Yang hanya diketahui hingga hari ini adalah lagu itu pertama kali diunduh oleh seseorang yang tinggal di Kota Pati, Jawa Tengah. 


2.  MALAM SATU SURO


Lagu ini sebenarnya hanya ada di film Malam Satu Suro yang diperani Suzanna di tahun 1984 silam. Meski demikian, lagu yang berirama langgam Jawa ini masih sering diunduh dan didengar banyak orang. Walau keinginan mendengar lagu tersebut hanya didorong rasa penasaran, tapi terbukti lagu ini diyakini memiliki hawa mistis yang bisa mendatangkan arwah atau roh gentayangan.

Fakta yang lebih mengerikan perihal lagu ini adalah : di film tersebut, lagu ini dinyanyikan sendiri oleh Suzanna, yang dalam film itu berperan sebagai Sundel Bolong. Gimana ga seram tuh?


3. NINA BOBOK

Tidak banyak yang tahu kalau lagu untuk menidurkan anak-anak yang biasa dinyanyikan banyak orang punya sejarah menyeramkan. Dari cerita turun-temurun, lagu ini disebutkan sebagai lagu untuk menidurkan Helenina Mustika van Rodjnik, anak perempuan dari keluarga van Rodjnik (ibunya bernama Mustika, seorang penari pribumi, dan ayahnya bernama Van Rodjnik, seorang Kapten VOC). Keluarga Rodjnik sendiri diyakini pernah hidup dan tinggal di Batavia antara tahun 1871 - 1929. 



Lagu Nina Bobok sendiri disebutkan diciptakan secara "tidak sengaja" oleh ibu Helenina pada tahun 1875, ketika anaknya tersebut mengalami sakit malaria setelah digigit nyamuk. Untuk menenangkan anaknya yang selalu merengek karena sakit, ibunya menyanyikan lagu ini. Helenina yang kala itu berusia 4 tahun akhirnya meninggal dunia karena terlambat mendapatkan pengobatan. Ibunya mengalami depresi kehilangan anaknya, menyanyikan lagu itu berulang-ulang tanpa henti, hingga pada akhirnya harus dibawa ke Belanda untuk menjalani perawatan kejiwaan di sana. 

Banyak orang percaya, jika menyanyikan lagu Nina Bobok berulang-ulang, maka mereka akan dapat melihat seorang anak berusia 4 tahun berwajah pucat yang akan tiba-tiba muncul di hadapan orang yang menyanyikan lagu itu.

Legenda tentang lagu ini sudah diadaptasi menjadi film layar lebar yang ditayangkan tahun 2014, dengan diperani Revalina S. Temat. 

Categories: Share

Leave a Reply